Selasa, 09 September 2008

HARDWARE UNTUK AKSES INTERNET

Untuk dapat mengakses internet, ada beberapa macam perangkat keras yang dibutuhkan antara lain:

1. Komputer

2. Modem(Modulator Demodulator)








(Modem internal)









(Modem eksternal)

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyalpembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data ataupesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasitersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungankedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.

3. Saluran telpon
Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dandiperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaansauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selainsaluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukandengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internetmenggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modemkabel.Selain ketiga perangkat utama di atas (computer, modem, salurantelpon) terdapat juga beberapa perangkat keras pendukung aksesinternet.

Antara lain:

1. Hub/Switch








Hub merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkanbeberapa computer. Hub menjadi saluran koneksi sentral untuk semuacomputer dalam jaringan. Hub dibedakan menjadi dua yaitu, active hubmerupkan sebuah repeater elektrik yang dilenggkapi dengan 8 konektoryang berfungsi untuk membentuk sinyal digital yang dikirim danmenyesuaikan impedensinya untuk memelihara data sepanjang jalur yangdilaluinya, yang kedua adalah passive hub merupakan sebuah repeaterelektrik yang memiliki 4 konektor yang berfungsi untuk menerimasinyal pada salah satu konektor dan meneruskannya pada tiga konektorlain.

2. Repeater








Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal danmemancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengansinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyalagar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya.

3. Bridge








Bridge merupakan perangkat lunak menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain.

4. Router








Router merupakan perangkat yang berfungsi hamper sama dengan bridge.Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan duabuah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkjan duabuah LAN dengan tipe berbeda.

1 komentar:

ARTIKEL KITA mengatakan...

makasih infonya, sangat bermanfaat untuk tugas sekolah